Hewan Yang Tidak Bisa DiBunuh

Image

WATER BEARS, HEWAN KECIL YANG SULIT DIBUNUH
Water Bears atau beruang air adalah binatang kecil. Saking kecilnya ukuran binatang ini jika ingin melihatnya memerlukan mikroskop. Mereka tinggal di lumut, dan liverworts (lumut hati). Beberapa spesies tanaman ini hidup di dalam air tawar. Lewat tampilan mikroskop dapat dilihat hewan ini memiliki bentuk tubuh bulat seperti silinder, pendek dan bertubuh kekar. Memiliki delapan kaki dan empat cakar pada masing masing kakinya.

Mulut Water Bears memiliki objek runcing tajam, disebut stylets. stylets yang mereka miliki digunakan untuk memotong daun lumut atau ganggang sebagai makanan utama mereka. Kemudian mereka menyedot cairan dari tanaman. Kadang-kadang beruang air ini juga makan hewan kecil yang disebut nematoda dan rotifera yang juga tinggal di lumut.

Jika lumut yang mereka tinggali mengering, hewan ini telah mengembangkan cara yang menarik untuk bertahan hidup. Hal ini disebut “pemusatan antibiotik”. Dikarenakan beruang ini membutuhkan kelembaban untuk hidup, maka jika lumut yang didiami mengering, Water Bears menjadi tidak aktif, hampir seperti sebuah hibernasi.

Hebatnya dari hewan ini adalah sangat susah dibunuh. Mereka bahkan tidak bisa di bekukan dan bisa tahan hingga suhu minus 273 celcius. Mereka juga bisa tahan dari bom nuklir, bisa kembali ke bentuk kering dan saat membentuk kembali mereka kebal terhadap radiasi. beruang air ini juga kebal akan nitrogen cair dan asam mineral. Salah satu cara membunuh water bears ini adalah mengirimnya ke luar angkasa tapi walaupun begitu mereka masih bisa hidup 10 hari. (KF-EDU/Vey/Viva)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s