Cara Menyambungkan Laptop atau PC dengan TV

Beberapa tahun terakhir ini, agan2 telah melihat perkembangan yang luar biasa di bidang CGI. Perkembangan ini yang membuat efek visual dalam berbagai film dan efek tersebut yang memungkinkan para pembuat film dapat membawa imajinasi mereka ke layar perak tersebut sehingga terlihat nyata.

Seiring dengan perkembangan teknologi akhir-akhir ini, penggunaan laptop pun berkembang pesat sehingga hampir setiap orang mempunyai laptop. Laptop bukan lagi menjadi barang mewah yang susah untuk dimiliki. Sekarang hampir semua aktifitas dilakukan dengan laptop, mulai dari menyelesaikan pekerjaan, mengerjakan tugas rumah, sampai dengan menghibur diri juga dilakukan dengan laptop seperti mendengarkan musik atau menonton film. Bicara tentang nonton film, biar bagaimanapun menonton film di laptop yang rata-rata memiliki ukuran layar 15″, rasanya kurang menyenangkan.

Mungkin agan2 selalu menginginkan untuk menonton apapun dalam layar plasma yang besar (HD-TV). Apakah itu film, game, atau sekedar berbagi foto-foto ber-resolusi tinggi dengan teman-teman agan2. Hal ini juga tidak hanya berlaku untuk di rumah saja tapi juga di tempat kerja agan2. Sebagai salah satu contohnya presentasi PowerPoint atau presentasi laporan pada layar besar yang melibatkan banyak audiens. Nah, dalam artikel ini, ane akan memberitahu beberapa cara menyambungkan komputer PC atau laptop ke layar TV.

Ada beberapa cara untuk menyambungkan komputer PC atau Laptop ke Layar TV. Ini tergantung dari jenis Komputer PC/Laptop dan Layar TV itu sendiri, yaitu tergantung jenis konektor Port Input di TV dan konektor Port Output di Komputer PC/Laptop. Biasanya, kebanyakan TV telah menyediakan kabel koneksi agar TV tersebut dapat disambungkan dengan peralatan lain. Yang perlu kita lakukan hanyalah memeriksa jenis kabel tersebut, kemudian sambungkan TV dengan komputer dengan benar, sehingga ketika tersambung maka kita bisa menggunakan TV tersebut sebagai layar monitor komputer. Ada beberapa jenis kabel yang dapat digunakan, antara lain:

1. Kabel S-Video
agan2 mulai dengan kabel S-Video, karena jenis ini yang paling umum dan banyak digunakan hampir di semua TV, baik itu jenis lama atau baru. Tapi cek dulu apakah Komputer PC atau Laptop yang akan agan2 sambungkan memiliki port S-Video atau tidak. Jenis kabel ini memiliki kelemahan, yaitu resolusi gambar yang ditampilkan rendah sehingga agak jelek atau buram, dan biasanya jenis kabel ini biasanya digunakan pada TV jenis lama.

2. Kabel VGA
Jika TV yang agan2 miliki lebih modern, maka akan lebih baik jika agan2 menyambungkannya dengan menggunakan kabel VGA. Berbeda dengan kabel S-Video diatas, kabel VGA ini akan menampilkan kualitas gambar lebih baik dan cara penyambungannya juga sangat mudah.

3. Kabel DVI
Mirip dengan jenis kabel VGA diatas, HD-TV biasanya juga dapat disambungkan dengan menggunakan kabel DVI (Digital Visual Interface) karena cara kerja HD-TV yang memiliki sinyal digital. Berbeda dengan jenis monitor CRT/TV yang lama yang memiliki sinyal analog, sehingga jenis monitor ini tidak dapat bekerja jika disambungkan dengan kabel DVI.
Kualitas gambar yang ditampilkan oleh kabel DVI juga lebih bagus dari hasil S-Video dan VGA. Jika TV dan komputer yang dimiliki mempunyai port kabel DVI, maka akan lebih bagus jika disambungkan dengan kabel ini.

4. Kabel HDMI
Kabel HDMI telah menjadi standar dari HD-TV sekarang ini, sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar terbaik. Namun masalahnya adalah tidak banyak komputer PC/Laptop yang menyediakan port jenis HDMI. Agar komputer PC/Laptop dapat disambungkan dengan kabel HDMI, agan2 membutuhkan kabel adaptor DVI (Komputer) ke HDMI (TV). Sejak DVI dan HDMI menjadi teknologi yang compatible, cara ini menjadi cara yang terbaik untuk menyambungkan komputer PC/Laptop dengan layar TV, dan harganya pun tidak mahal.

Bagaimana Menyambungkan Kabel Audio ke TV?
Jika kita menggunakan kabel S-Video ataupun VGA untuk menyambungkan Komputer PC/Laptop dengan TV, kita juga harus menyambungkan kabel Auido-nya secara terpisah. Berbeda dengan kabel DVI dan HDMI yang mengikut-sertakan kabel audio secara built-in, sedangkan kabel S-Video dan VGA tidak, maka kita perlu menyambungkannya secara terpisah.

Kabel yang dibutuhkan adalah kabel RCA 3.55 mm dengan panjang 1.5 m untuk menyambungkan audio komputer dengan TV. Cara penyambungannya juga sangat mudah, yaitu pada ujung yang satu dipasang di komputer PC/Laptop pada sambungan yang biasanya digunakan untuk Speaker, sedangkan pada ujung yang satunya lagi, yang disambungkan ke TV, pasangkan pada bagian audio input.

Kabel audio biasanya menggunakan warna merah dan putih yang menandakan speaker kiri dan kanan, jadi pastikan untuk memasang kabel dengan bagian yang benar.

Bagaimana Cara Mendapatkan Gambar Ketika Kabel Tersambung di TV?
Pada saat kabel terpasang ke TV dengan benar, maka pada saat yang bersamaan, sinyal gambar pada komputer akan dikirim ke TV. Namun gambar tersebut belum tentu ditampilkan secara otomatis. Untuk menampilkannya, jika menggunakan OS Windows 7, klik kanan pada Desktop dan pilih “Screen Resolution”. Kemudian klik tombol “Detect” yang akan memerintahkan komputer untuk mecari monitor lain yang tersambung. Jika kita menggunakan kabel DVI atau HDMI, maka gambar akan langsung ditampilkan, tapi jika menggunakan kabel S-Video atau VGA, maka kita harus menggunakan pilihan “Try to connect anyway on VGA”.

Jika sudah, click “OK”, dan gambar akan ditampilkan di layar TV. Setting resolusi layar di komputer jika gambar belum tampil di layar TV.

Jika OS-nya menggunakan Windows XP, caranya tidak jauh berbeda. Klik kanan di Desktop dan pilih “Graphics Options”, kemudian pilih “Output to an external monitor”. Jika semuanya terpasang dengan benar, maka gambar akan ditampilkan di layar TV.

Diatas, adalah beberapa cara untuk menyambungkan komputer PC/Laptop dengan Layar TV. Jadi semuanya tergantung dari model TV dan Komputer/Laptop yang digunakan, serta dari kabel yang tersedia untuk digunakan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s